II. INTEGRITY PRINCIPLE (PRINSIP INTEGRITAS)

Melanjutkan kuliah yang sebelumnya, nya kita akan membahas Prinsip  Kepemimpinan yang kedua yakni INTERGITAS. Temen-temen Masih ingat ya ada 4 prinsip yakni Responsibility, Integrity,  Self initiative dan Energy, yang agar mudahnya kita singkat menjadi RISE. (saya mendapatkan kuliah ini dari mentor bisnis saya waktu di dunia bisnis awal-awal namanya Pak Fauzi Rahmanto dari Bandung)

- "Pokoknya belajar belajar dan belajar ikuti saja sistem-sistem yang ada pasti nanti kamu dengan sendirinya akan menjadi pintar, dimanapun ada trining meskipun jauh harusnya kamu  selalu datangi...." Seorang leader semangat sekali memberikan motivasi kepada para peserta training seminar, dan dalam hati saya berdoa semoga  sang pembicara ini berubah setelah berpesan seperti ini, karena dia termasuk pemimpin yang paling jarang hadir di pertemuan pertemuan....πŸ˜ƒ

"Untuk acara besok saya pesan tiket 20 ya, Saya akan bawa semua tim saya ikut di acara itu" dan berulang kali panitia meminta dia transfer untuk pembayaran tiket dan dan di tunda-tunda hingga mepet di hari pelaksanaan,  Ternyata timnya banyak yang berhalangan,  dia mohon maaf tiketnya tidak jadi diambil.... πŸ™πŸ™ Dan panitia acara pucat pasi karena harus nombok membayar hotelnya.....πŸ™ˆ

- "kesehatan itu nomor satu! Waspada dan hati-hati dengan apapun yang kita masukkan ke dalam tubuh jangan sampai kita hanya karena kenikmatan sesaat akhirnya mengorbankan masa depan kita,  sarapan nutrisi ini harus di nomor satukan..✊ " konsumen manggut-manggut dan bertekad akan mengikuti nasehat atau arahan dari Coach ini. Customer-nya pulang dan dan  Coach merasa puas karena sukses dengan closingannya. Dan ditariknya sebatang rokok kesukaannya..... klik... dan  asap mengepul dan dihisap dalam dalam asap rokok kesayangannya itu....🀣🀣🀣

- "Ssstt... tuh lihat Pak Hadi itu kalau lagi makan ndemenaken (kelihatan menyenangkan) saya sudah ngitung dari tadi pisang goreng enam masuk, bakwan 5 dan sekarang lagi makan mendioan  ....wkwkw.....ssttt...." seseorang berkata pada yang disebelahnya. Yang disebelahnya menyikut dan berbisik "Ssstt.... iihh.... Kamu iseng amat... Dia kan sudah presiden Tim jadi enggak apa-apa makanya ngawur , Lemu (gemuk)  nggak papa kan duite wis akeh...." πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

- Perhatian temen-temen, besok semuanya harus datang di Meeting Ontime yaa..! Inget besok harus datang Ontime, dan ternyata besoknya orang-orang datang ontime, dan pemimpinnya datang telat setengah jam wakakakaka..... bahkan kalau ada sponsornya selain datangnya telat sang pempimpin juga rajin pulangnya duluan....hahaha

- Pak Hadi itu sukanya follow up kenceng, agar team Omsetnya 5000VP tapi dia sendiri gak sampai 4000VP wakakakak......

- "Pak Hadi Mohon petunjuk,  Sponsor kan mengada promosi dan ini sdh kelewati bulan, sampai hari ini promosinya belum terealisasi dan saya sering ditanyakan oleh tim saya, dan saya mau menanyakan ke Sponsor saya kok sungkan, nggak enak sebaiknya gimana ya pak…?" Seseorang bertanya

- Ayo semangat 2500 semangat 2500 kita pasti bisa...! 2500 adalah level harga diri...!  Kepada yang sudah WT berjuang 3.000 itu adalah level harga diriπŸ”₯πŸ”₯...!  Waktu berganti bulan berganti bisnis timnya menurun organisasi tidak mencapai omset yang diinginkan sang leader ikut loyo dan diapun 1500VP, 2000VP. Dan dia menutup diri tidak banyak keluar ngobrol di grup bahkan sekedar menyapa selamat pagi pun jarang dilakukan.....

- Pak Hadi gimana ya sponsor saya sering meminjam barang ke saya ya habis itu mengembalikan nya harus ditagih...😭😭 Padahal bisnis di Herbalife kan harus punya stok apalagi posisinya sponsor....gimana itu Pak Solusinya...?

- "Saya minjem uangmu ya, seminggu  saya kembalikan." Dan minggu depan ditunggu-tunggu gak ada kabar, minggu depannya juga enggak ada kabar, dan akhirnya ditagih, dan nampak tidak suka, Dengan nada bercanda berkata "Walah uangmu sudah banyak, masak utang segitu saja ditagih terus, saya doakan rejekimu tambah banyak yaa..." 

Teman-teman Avengers melihat tulisan di atas rasanya nggak nyaman ya .... Namun itu hanyalah dongengan saja untuk memudahkan saya menjelaskan tentang Prinsip Integritas

PRINSIP INTEGRITAS mengatakan "Selaraskan apa yang kita PIKIRKAN apa yang kita UCAPKAN dan apa yang kita LAKUKAN"

Idealnya seorang pemimpin semuanya harus klop 100%! Hahah... berat ya, Tenang jangan protes dulu, NOBODY PERFECT tidak ada orang yang sempurna yang ada adalah orang yang sedang berproses, dan pastikan proses kita adalah proses yang menuju ke arah yang lebih baik

Temen-temen Avengers, kita bisa melihat orang-orang yang memiliki integritas cukup baik, dengan cara salah satunya melihat raport orang tersebut di kepala kita. Raport itu sering disebut REPUTASI, atau yang sehari-hari dengan mudah kita sebut NAMA BAIK.

Di dalam bisnis reputasi adalah hal yang yang harus kita junjung tinggi, bahkan ada yang mengatakan "reputation is the only single currency" nama baik adalah satu-satunya mata uang yang bisa berlaku di seluruh dunia..!

Jika kita memiliki nama yang baik kita mau berpindah tempat mau di kota mau di desa mau di negara manapun maka tidak pernah  merasa untuk perlu takut, Inshaa Allah kita bisa hidup bahkan bisa sukses. Bahkan jika pun kita harus masuk ke pedalaman dan bertemu dengan suku-suku yang tidak faham bahasanya pun kita tidak perlu takut, lambat laun mereka akan mengenal kita karena kita memiliki kebiasaan kebiasaan yang baik mereka pun lama-lama akan menerima kita, mungkin bahkan suku itu paham dulu orang leluhur  kita mungkin bersahabat dengan leluhur mereka

Bahkan ajaibnya nama baik atau reputasi itu bisa diturunkan.!

Berulang kali Mae saya mengatakan agar saya membantu si A, si B, si C karena dahulu orang tuanya adalah orang yang sangat baik......

Bahkan ada cerita pengusaha sukses yang yang awalnya tidak punya modal sama sekali tapi di modalin oleh orang-orang lain, karena Bapaknya dahulu adalah orang yang bisa dipercaya sehingga mereka yakin anak-anaknya pun bisa dipercaya. Banyak Pemasok / Supllier  yang membantu memberikan dagangan dagangan dengan syarat pengembalian yang sangat lunak..... Dia boleh ambil barang apa saja dan bayarnya kalau sudah laku.  Dan itulah yang membuatnya sukses.... Karena ada warisan nama baik dari orang tuanya...

Saya jadi teringat dahulu kita punya juragan baju anak di Tanah Abang orang itu orang asing namun pada saat belanja pertama saja tahu-tahu dia memperbolehkan kita ambil produk apapun yang kita mau dan bayarnya bulan depan kalau ke Tanah Abang lagi....

Kami berdagang selimut Jepang dengan modal kecil saja, ratusan ribu, namun karena pembelian kita rutin lama-lama boleh tempo, asal barang laku baru bayar, dan Pemilik pabrik melihat reputasi kami "mungkin baik" asal laku bayar-laku bayar, setiap hari, sehingga lama-lama kami mau ambil barang bertruk-truk pun boleh dan tanpa prosedur seperti pedagang yang lain, tidak pernah kami ditagih suruh bayar...  

Om Yoyok juga punya juragan, baju muslim namahnay Haji Ali di Tanah Abang  yang boleh membawa barang ratusan juta dan bayarnya belakangan bahkan saya inget dulu dibantu agar tokonya viral, beliau mempersilahkan untuk membawa mukena-mukena yang harganya 25 juta untuk dipajang..! gak nyangka tahun 2007 ada mukena 25juta, dan barang itu laku looh...

Tapi lagi-lagi NOBODY PERFECT, ibarat benda yang memiliki banyak sisi, di beberapa sisi nampak kami baik, alus, warnanya bagus, terang, dan nampak perfect, namun sebenernya ada sisi lain yang masih burem, abu-abu, kasar yang masih perlu kita perbaiki.

Temen-temen, Nah tugas kita sekarang terus menerus mengimprove atau memperbaiki diri kita, agar kita bergerak  menuju pemimpin yang memiliki integritas dibanyak sisi. 

Marilah kita menilai, jika 100 adalah nilai reputasi yang sempurna, dan 0 adalah nilai yang paling rendah untuk orang yang yang sangat tidak bisa dipercaya oleh siapapun dalam hal apapun, maka ayuk sebagai Leader / Pemimpin, kita audit dan kerjakan tugas dibawah ini: πŸ‘‡

#1. Berapa Skor Nilai Anda, kira-kira di mata orang lain...?

#2. Berapa skor nilai anda, menurut penilaian anda sendiri...? Marilah kita menilai diri kita sendiri apakah kita layak menjadi orang yang bisa dipercaya oleh diri kita sendiri...? Hehehe ini gak enak yaa ...🀣

#3. Berapa skor terbaik yang ingin anda raih dalam 3 atau 6 bulan kedepan...? Upaya-upaya apa apa yang Anda akan lakukan untuk mendongkrak skor anda itu...?

 Contoh :

Setiap kali ada pertemuan saya datang terlambat bahkan kadang sering tidak datang skor saya ya Ya mungkin sekitar 40 dan cool nya Mulai sekarang saya akan meraih ih posisi 80..!

Di grup bisnis yang saya kelola Saya justru termasuk orang yang pasif, bahkan mengucapkan selamat pagi saja kadangkala saya enggan skor saya ya sekitar 30 dan Mulai sekarang saya akan naikkan skornya menjadi di 90..!

Semoga kuliah pagi ini bermanfaat dan dan dengan terus belajar maka lama-lama kita akan menjadi pemimpin main baik. Amiiin


Hadi Kuntoro

Mendongeng dari kaki  Gunung Dieng



Tidak ada komentar: