"Mulai dari yang kecil, Mulai Yang Mudah dan Menyenangkan dan Mulailah dari Sekarang"
CHANGE YOUR WORD, CHANGE YOUR WORLD (Change Your Words , Change Your World)
PSIKOLOGI KONSUMEN “MENEMBUS BATAS PASAR”
Quote-Quote dan & Tanyajawab Bersama Mentor Mr. Stephan Gratziani
Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23 Jan 2017
#QuoteSG01 : JIka anda tidak hadir dalam sebuah meeting, maka anda telah melewatkan sebuah aturan permainan yang baru, dan jika aturan permainanpun anda tidak faham maka anda tidak akan bisa ikut bermain dengan baik
#QuoteSG02 : Bekerjasamalah dengan orang lain, Cara yang paling sederhana untuk bekerjasama adalah dengan tidak menentang orang lain yang melakukan sesuatu hal. Lakukan cara anda, namun Jangan pernah menentang cara lain.
#QuoteSG03 : Bangunlah bisnis anda dari Customer, berikan kepedulian yang lebih besar kepada mereka daripada uang yang anda dapatkan... fahami posisi diri anda :
"Saat anda mengajak customer ke NC, mengajak customer program, anda lebih peduli kepada mereka atau anda lebih pedulu kepada uang yang akan anda dapatkan dari mereka..?"
#QuoteSG04 : Mengapa Seorang Customer tidak mereferensikan layanan anda kepada orang lain..? (Mengapa customer tidak mengajak COI ke NC anda..?)
Jawabnya :
Karena dia belum melihat kepedulian anda kepada dirinya. Dia belum cukup nyaman dengan pelayanan yang anda berikan
#QuoteSG05 : Mendaftarkan seseorang menjadi member, dan VP nya nol, bulan berikutnya nol lagi, dan nol lagi, maka anda telah melakukan pekerjaan yang berulang namun sia-sia, anda terus menerus mendaftarkan bisnsi orang yang tidak mau bisnis, dan anda terus menebak-nebak karena bisa jadi yang anda daftarkan itu akan serius di bsinis.
Pertumbuhan bisnis Herbalife adalah tentang sebuah strategi, bukan untung-untungan, menunggu kebetulan ataupun tebak-tebakan
#QuoteSG06 : Sering-seringlah mengingatkan diri kita bahwa CUSTOMER BUKAN MEMBER perlakukanlah customer sebagai customer dan jangan perlakukan customer sebagai member. (tiba-tiba di daftarkan, tiba-tiba disuruh beli banyak, diajak HOM diajak STS dll...sementara dia hanya customer saja) inget yaaa..... "Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member...."
#QuoteSG07 : Anda harus memiliki model bisnis yang sangat jelas, yang bisa diajarkan kepada orang lain
#QuoteSG08 : Bisnis herbalife bukan bisnis keberuntungan, untuk menjadi Chairman anda harus memiliki strategi yang sistematis, dan ciri-ciri bahwa anda telah memiliki stragegi yang sistematis, anda bisa mengukur/memperkirakan kapan anda akan naik level... (bukan untung2an, bukan nasib2an)
#QuoteSG09 : Saya sudah berubah dari 13 tahun yang lalu, dari bisnis yang tanpa strategi menjadi bisnis yang sistematis
#QuoteSG10 : Pada dasarnya orang tidak suka akan perubahan, Hanya 15% saja orang yang sangat mudah /langsung mau berubah jika dilihat sebuah perubahan itu masuk akal. Sebagian orang lagi akan berubah jika orang lain berubah terlebih dahulu, dan Sebagian lagi akan berubah jika orang lain berubah dan yang berubah itu sudah terbukti sukses, dan ada juga sebagian kecil orang yang tetap dan tidak akan mau berubah
#QuoteSG11 : Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun
#QuoteSG12 : *New Customer* adalah seseorang yang menarik perhatian dan kita tertarik pada pandangan pertama. Kita berkenalan satu dua bulan lama-lama akrab, saling mempelajari, saling mengunjungi, makan bersama, mengenali keluargsnya dan banyak hal lainnya, hingga beberapa waktu kemudian, mungkin 1 sd 2 tahun, mungkin lebih, akhirnya kita melamar dan menikah denganya.
*Distributor (member herbalife)* adalah ibarat pasangan hidup kita. Adalah kurang bijak jika kita langsung melamar dan menikah dengan orang yang baru saja kita kenal
Sessi tanya Jawab
#TANYA1 : Ambassador Program (AP) dengan mudah kita aplikasikan di lingkungan sekitar kita, kadangkala kita punya customer di luar area yang belum menerapkan konsep AP dan disinilah terjadi masalah. Customer kita terus menerus retail dan sudah mendapatkan COI akhirnya bergabung dengan orang lain, karena orang lain menawarkan member tanpa melalui skenario AP. bagaimana mengatasinya...?
Jawaban Stephan Gratziani :
Ambassador adalah tentang KITA, Ambassador bukanlah tentang lingkungan cusomer. Anda harus membina kedekatan dengan customer, memberikan edukasi yang baik, memberikan hati anda yang baik, membina kedekatan hingga si Customer tidak ada opsi lain, tidak ada pilihan lain, dan pilihan terbaik adalah mengikuti langkah anda... (Ambassador Program adalah tentang Bonding kita terhadap Customer)
#TANYA2 : Saat skenario kita berubah, menjadi bisnis yang fokus kepada customer, kita mengadakan Customer Day, kita melihat bahwa acara semacam STS dan HOM yang cara lama, mengajak customer NC dan orang baru melihat peluang bisnis menjadi tidak relevan lagi, bahkan banyak customer NC yang justru berhenti menjadi customer NC tidak melanjutkan program lagi setelah ikut STS, mungkin karena tidak nyaman...sehingga kami punya inisiatip menghentikan STS, namun kami sedikit khawatir karena di kota-kota besar STS masih tetap ada, kami masih bimbang apakah langkah kami menghentikan STS merupakan tindakan yang tepat atau keliru..?
Jawaban Stephan Gratziani :
Saat bisnis kita fokus kepada customer maka pemilik NC merasa memiliki tanggung jawab yang lebih kepada customer nya akan pentingnya edukasi, dan tanpa disadari kita sedang membangun sebuah model bisnis yang strateginya berbeda dari yang lama (Cara lama kita percayakan kepada STS agar orang itu menjadi Pintar) customer akan semakin pintar dan mereka justru tidak akan tertarik dengan STS karena di NC mereka sudah mendapatkan edukasi yang lebih, dan selain itu mayoritas konsumen kita sesungguhnya adalah Customer (pemakai produk) saja yang tidak tertarik peluang bisnisnya, itulah makanya konsep Single System (HOM dan STS bersama satu kota) makin lama makin tidak relevan lagi,
Fokus ke Customer adalah sebuah strategi MultiSystem dan setiap Individu ingin membuat/mengarahkan/Meng-Create team sesuai dengan idealisme model yang ada di benaknya.
Jadi langkah anda menghilangkan STS di kota anda adlah langkah yang tepat, apalagi anda sudah menerapkan Customer Day, dan jika boleh saya sarankan, buatlah event atau meeting khusus untuk mereka yang menjalankan bisnisnya agar kita bisa tetap melakukan rekognisi-rekognisi... (Alhamdulillah kita sudah ada Bisnis meeting, dan SuperStar Award)
#TANYA3 : Saat ini di Indonesia kita lihat para Leader punya cara-cara sendiri, dengan idealisme nya masing-masing, sehingga acara HOM dan STS kita tidak sebaik dan seramai dahulu, apakah ada pengalaman atau strategi agar kita bisa kembali lagi seperti cara dahulu...?
Jawaban Stephan Gratziani :
Ada 2 berita , yakni Berita Baik dan Berita Buruk
*BERITA BURUK * :
Cara lama itu tidak akan pernah kembali lagi, karena inilah konsekuensi yang kita harus telan jika kita menerapakan strategi Fokus kepada customer, masing-masing Club punya idealisme sendiri-sendiri, ada yang suka dengan Club dan Fitclubnya, ada yang suka Club dan Zumbanya, ada Club yang suka dengan jalan-jalan, kegiatan sosial dan lain-lain... masing - masing individu merasa bertanggung jawab dengan customernya sehingga tanpa disadari kita telah menuju ke bentuk bisnis yang Multisystem. HOM dan STS yang tersentral adalah Single Sistem yang pelan-pelan pasti akan ditinggalkan....
BERITA BAIK :
Jika kita sudah mulai mengalami fase-fase ini, artinya kita sedang berubah kearah yang lebih baik, dan setelah ini terlewati kita akan sadar bahwa justru inilah jalan kita menuju pertumbuhan yang lebih baik....
Siapa Mentor Bisnis Anda..?
(Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23 Jan 2017)
Di bisnis Garmen saya memiliki seorang guru yang setiap kata-katanya, selalu kita jadikan rujukan, sebut saja namanya Pak Haji di Tanah Abang. Saya tidak bisa mengukur kesuksesan guru saya ini jika ukurannya adalah dari materi, karena meski nampaknya hanya penjual grosiran baju, namun beliau dengan mudahnya bisa beli mall...( bukan beli lapak yaa...namun beli Mall hahaha) dan dengan mudahnya beliau bisa beli ratusan kios di tanah Abang, yang saya tahu sewanya saja bisa ada yang 50jutaan sebulan di tahun 2010an.
Di Bisnis Rumah Nutrisi inipun saya memiliki guru-guru , dan siapapun yang saya anggap guru maka sepak terjangnya kita perhatikan detail..

Ada seseorang yang sangat saya perhatikan, orang ini menurut saya istimewa, karena di setiap sesi training yang saya ikuti, selalu ada "Aha..." yang saya dapatkan. Masa lalu pernah kerja di perusahaan, juga puluhan tahun berdagang berbisnis, membentuk sebuah pola berpikir tersendiri
Dan pola pikir itu banyak simpul-simpul yang tidak nyambung dengan bisnis rumah nutrisi. Seperti kita menata puzzle...kadang ada puzzle yang membingungkan dan bahkan kita sangka potongan puzzle itu hilang atau bahkan tidak adaaa. Dan sessi training-training dari guru-guru macam Stephan Gratziani inilah puzzle-puzzle yang kami sangka hilang itu ternyata adaa... bahkan tergeletak deket, cuman karena kebalik posisinya dikira itu bukan puzzle yang pas
Dia seorang chairman, asalnya dari Amerika, namun lama tinggal di Perancis
Dibawahnya sudah ada 8 orang president team, beliau termasuk 10 besar orang paling sukses di bisnis yang kita jalankan saat ini, dengan income perbulan (tebakan saya) lebih diatas 20 milyar sebulan
Lihat saja bonus tahunannya, tahun lalu 2016 di Cancun Mexico 1.5 juta Dolar (kalau di rupiahkan sekitar 20 Milyaran yaa..) dan itu hanyalah tambahan uang saku hehehe....yang nilainya lebih kecil dari uang bulanan yang dia dapat... banyak yaa.... setiap bulan bisa beli sawah 20 hektar...hahahaah

Namun yang menarik dari SG adalah, dari tutur katanya, dari training ke trainingnya, tidak pernah satu kalipun beliau menampakkan Ke-Glamour-an nya... dan justru lebih menonjol kesederhana annya....
Bisnis Herbalife lewat Rumah Nutrisi (Nutrition Club) , bisnis yang kita jalani ini bukanlah tentang uang, ini adalah tentang pergeseran peradaban, dari peradaban yang lama menuju peradaban baru yang lebih baik lagi, dan lebih baik lagi...dan kita adalah "The Messenger" atau penyampai pesan....
Pesan apa yang kita sampaikan..? Pesan agar generasi mendatang memperbaiki pola makannya, memperbaiki pola aktivitasnya, memperbaiki mindsetnya, berbagi kebaikan, satu orang dan orang lain terhubung sebagai sebuah komunitas yang menjadikan kehidupan kita lebih baik...
Yang kita jual kepada orang lain adalah "hati kita" dan produk kita hanyalah media saja.... orang membayar sejumlah uang untuk produk kita, namun kita memberikan "NILAI" yang berlipat-lipat yang bahkan tidak ternilai...jaub lebih tinggi dari uang yang orang lain bayarkan...
Orang akan melihat Herbalife sebagaimana dia melihat "diri kita", apakah Herbalife perusahaan Nutrisi yang hebat dan kita adalah distributor-distributornya yang habat, ataukah Herbalife perusahaan MLM dan kita adalah pemain-pemain MLM yang hebat...
Seperti apa Metode bisnis kita, seperti apa cara kita memberikan pelatihan/training, seperti apa cara kita memberikan rekognisi, bagaimana kita bersikap, bagaimana kita berbicara, bagaimana kita tersenyum, bagaimana kebaikan kita kepada orang lain, bagaimana ketulusan kita saat memeluk para customer, bagaimana cara kita memandang dunia ini dll... adalah jendela orang lain melihat bisnis Bisnis Rumah Nutrisi (Nutrition Club) ini, karena kita adalah "Brand Ambassadornya" kita lah yang membawa nama herbalife kemanapun kita pergi
Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun.
Jika anda disebut duta besar atau Ambassador nya herbalife sebagaimana Cristiano Ronaldo CR7, apakah pesan yang akan anda sampaikan kepada semua orang, apakah anda akan makan sembarangan dengan pola yang tidak baik dan merokok di depan semua orang..?
SEJARAH MASA LALU
Saya lahir di Amerika, ayah saya seorang militer angkatan laut yang seorang ahli kapal selam yang hidupnya selalu berpindah-pindah, Ibu meninggal ketika saya 3 tahun, saya tidak mengenali ibu saya, dan yang menarik ayah saya menikah 7x yang saya ingat, sehingga saya terus hidup berpindah-pindah, dari ibu baru ke ibu baru yang lain, dari ibu tiri ke ibu tiri yang lain, kadangkala mendapat ibu tiri yang baik, kadang mendapat ibu tiri yang tidak sebaik yang sebelumnya... mendapat yang baik lagi namun pisah lagi...... (Meskipun diceritakan dengan santai namun saya tersentuh membayangkan... seperti apa perasaaanya, dan tiba-tiba saya teringat Mae saya di Karangkobar, dan saya bersyukur...sampai usia sekarang masih punya emak...)
Hingga suatu hari saya dititipkan ke Nenek dari Ayah saya, dan saya mulai stabil karena bisa tinggal dirumah yang tetap dan cukup lama hingga 13 tahun, meskipun dirumah nenek ini saya merasa kesepian , namun ada hiburan yang menyenangkan yakni Naik Sepeda. diatas sepeda saya merasakan dunia yang lain, rasanya senang, dan adrenalin saya terpacu....dan naik sepeda menjadi hoby saya. Dan saya suka sekali menonton kejuaraan sepeda... impian saya adalah bisa menjadi atlet sepeda, dan bisa juara dunia sepeda...
Saya gagal di sekolah di SMA, nilainya tidak baik, karena saya lebih suka naik sepeda... hingga suatu hari ada teman saya mengajak ke Perancis, tanpa pikir panjang saya ikut, karena disana saya berharap karir bisa jadi atlet sepeda profesional lebih terbuka. di Perancis saya tinggal di rumah Nenek kawan saya.
Dan mulailah karir profesional saya di sepeda, merangkak dari bawah hingga akhirnya jadi atlet nasional, mungkin jika anda melihat kejuaraaan sepeda "Tour de Frank" sebuah event sepeda kelas dunia, anda melihat saya beberapa kali ada di Televisi...
Bertahun-tahun menjadi atlet, meskipun itu dunia saya, Namun lama-lama saya berpikir, nasib saya dari tahun ke tahun tidak ada perubahan, dari ke waktu ke waktu tetep saja tinggal di penginapan-penginapan atau kost ditempat yang murah, saya seperti menemukan jalan buntu, saya tidak yakin bisa terus hidup layak dengan cara seperti ini....
Ini adalah sebuah pemikiran dan perenungan yang sangat hebat...anda menyukai karir anda, namun disisi lain anda tidak mendapatkan apapun....ini ironis sekali... keuangan selalu bermasalah...dan akal sehat saya mengatakan saya harus pindah haluan dan melamar pekerjaan seperi orang-orang lain...
Namun saya menyadari... orang yang tidak kuliah, nilai SMA pas-pasan, kurang bisa bergaul... tentu saja tidak memiliki banyak pilihan kerja, apalagi saya tinggal di Perancis dengan Via kunjungan, bukan bisa Kerja, pasti susah mendapat pekerjaan, mau pulang ke Amerika dan bekerja di kampung, rasanya malu jika ketemu teman-teman...
Tahun 1990 Disneland membuka cabang di Perancis, saya melamar pekerjaan dengan harapan yang tidak terlalu tinggi, menjadi Badut Mickey Mouse , atau menjadi Cleaning Service pun tidak masalah, meskipun itu perusahaan Amerika, meskipun posisi yang saya inginkan yang paling sederhanapun saya ditolak dengan halus....
Hingga akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang mengundang saya untuk sebuah pertemuan Herbalife (HOM) di sebuah hotel pada hari minggu. Saya pikir ini sebuah undangan lowongan pekerjaan, namun sebuah acara yang tidak menarik...namun apa daya, saya tidak ada pilihan lain...
KISAH TENTANG UPLINE
Yang mengundang saya (Sponsor) ke HOM adalah seorang wanita, yang sayangnya hanya beberapa kali bertemu dengan saya beliau menghilang....jadi saya ada di bisnis ini tanpa bimbingan Sponsor....
Hingga suatu saaat saya bertemu dengan sponsor diatasnya lagi, namun dengan orang itu saya yang kurang bisa bergaul tidak merasa nyaman, jadi saya gak kenal dekat...
Di kesempatan yang lain, saya ketemu sponsor diatasnya lagi, beliau orangnya sangat baik, penuh inspirasi, jadi idola namun hanya sesaat bertemu, karena enggak lama dari pertemuan itu beliau meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil...
Dan saya dipertemukan dengan upline diatasnya lagi, seorang president team... orangnya menarik namun gaya hidupnya eksentrik, sangat boros dengan keuangan, bahkan akhirnya bermasalah dengan keuangan, beliau banyak membeli sesuatu dengan hutang, dan tidak dibayar, akhirnya toko-toko menagih ke Herbalife karena dipikir beliau karyawan herbalife...dan terus berulang kali terjadi seperti itu...hingga akhirnya Herbalife menutup ID nya, dibatalkan keanggotaannya....
Jadiii...bisnis ini sebenernya bukan tentang Upline, atau kerjasama upline donline, bisnis ini adalah tentang diri kita , bersyukurlah anda sudah di dalam bisnis ini "jika upline anda mau bekerjasama dengan anda anggaplah itu bonus" namun jika tidak bersyukurlah anda sudah didalamya, dan ini adalah tentang diri anda sendiri dan masa depan anda.. (wkwkwkw.... menulis baris ini saya membayangkan banyak orang-orang lucu, Donline-Donline yang galau karena merasa tidak dibantu upline-upline, dan Upline-Upline yang galau karena tidak dihormati donline-donline...wkwkwkw.... sampeyan bisnis opo main drama siiih....hahaha)
Masuk pertama ke Herbalife itulah titik terendah dalam hidup saya... saya ikuti terus acara-acara herbalife, apa yang pembicara suruh lalukan saya lakukan.... kadang saya ikut acara-acara diluar kota, karena anggaran minim saya tidur menumpang dirumah teman, pernah tidur di bangku taman kota...dan tengah malah dibangunkan polisis dikira gelandangan...
Saya sampaikan kepada anda, dari 26 tahun berada di Herbalife, kesimpulan saya yang harus anda catat adalah, tidak ada sukses yang serta merta, tidak ada sukses yang Instan..!
Pada saatnya nanti Herbalife (Rumah Nutrisi / Nutrition Club) akna diterima oleh semua orang. Dan Orang yang tidak percaya dengan perjalanan waktu, bahwa Situasi dan Kondisi suatu saat nanti akan berubah, maka orang itu adalah orang yang melakukan PENOLAKAN.
Anda harus terus belajar dari siapapun, TERUTAMA seperti di forum-forum besar seperti ini, karena strategi bisnis dari tahun ke tahun terus berubah, segala sesuatu terus berbenah ke arah yang lebih baik lagi, dan jika anda tidak faham karena tidak mendatangi meeting seperti ini, maka anda akan menjadi orang yang tertinggal, yaaa...dunia terus menerus akan berubah dan anda akan menjadi orang yang tertinggal...
Semoga Tulisan ini Bermanfaat...