CHANGE YOUR WORD, CHANGE YOUR WORLD (Change Your Words , Change Your World)



Ubahlah kata-kata anda, dan Dunia pun akan berubah...        
               
Saya ingin Menjadi Pebisnis Tapi saya tidak memiliki Modal....
 Lihatlah ini :
Saya ingin menjadi Pebisnis Meskipun/Walaupun saya tidak memiliki Modal                       

Saya ingin sukses TAPI saya hanya lulusan SMP...
Lihat ini :
Saya ingin sukses MESKIPUN saya hanya lulusan SMP...                       

Saya ingin sekolah NCIP TAPI waktu saya sangat terbatas
lihat ini :
Saya ingin sekolah NCIP MESKIPUN waktu saya sangat terbatas                       

Contoh diatas adalah, hanya mengganti kata TAPI menjadi MESKIPUN ternyata efeknya berubah luar biasaaa                       

Kata-kata TAPI di hati kita rasanya Melemahkan

Sedangkan kata MESKIPUN di hati kita rasanya memiliki Kekuatan                       

Kemarin kami di Magelang mendapat sebuah inspirasi yang luar biasa....                        
Hanya dengan mengubah Kata-kata saja maka cara pandang jadi berubah, skenario berubah, segala sesuatu berubah...!!                       

Apa Tujuan dari Orang Kursus Pola Makan di NC...?                       
Jawab : Tujuannya adalah Mencetak Product Lovers....                       

Jika orang mau program 10 hari...dan dilanjut program 10+1 hari lagii.... maka orang itu akan mendapat edukasi yang baik... dia memahami herbalife... dan kita anggap dia LULUS karena kita berasumsi dia menjadi pecinta produk... dan akan makan produk seumur hidup                       

Sekarang Lihat ini :
Apa Tujuan dari Orang Kursus Pola Makan di NC...?
Jawab : Tujuannya adalah Mencetak Ambassador                       

Hanya mengganti kata-kata yang semula MENCETAK PRODUCT LOVERS (PECINTA PRODUK menjadi MENCETAK AMBASSADOR (DUTA-DUTA KESEHATAN MASYARAKAT) ternyata ara pandang jadi berubah, skenario berubah, segala sesuatu berubah                       

Di kepala kita muncul pemikiran Customer baru LULUS kursus pola makan jika sudah melahirkan minimal 2 customer baru                       

Orang kursus menjahit..... dia membayar biaya kursus...setiap hari datang...dan dia dinyatakan lulus kursus menjahit jika sudah Lulus Ujian, bisa menjahit baju dan dipakai enak...                       
Dulu ketika SMA saya kursus  mengetik hehehe..jaman dulu belum ada komputer, saya kursusnya ogah2an bahkan keluar sebelum lulus, sedangkan kakak saya tekun sekali sampai lulus, dan ketika ujian bisa sampai 500 karakter permenit ...bahkan yang sangat mahir bisa 200 kata permenit.... tanpa melihat tombol papan ketik,sekarang, sama-sama pakai notebook, kakak saya kalau mengetik cepeeet sekaliii.....                        
 
Orang kursus bahasa Inggris..... dia membayar biaya kursus...setiap hari datang...dan dia dinyatakan lulus kursus Bahasa Inggris jika sudah Lulus Ujian TOEFL... semakin tinggi TOEFL semakin hebat sampai ada level NATIVE yakni ngomongnya sudah sama fasihnya dengan orang Inggris aslii...hehehe                        

Lalu bagaimana dengan Kursus Pola Makan di NC..?                       

Belum ada syarat kelulusan yang jelas.......                       

Namun terobosan dari Mbak Izha Cozee menurut saya sangat luar biasa... ada goal yang sangat jelas, syarat LULUS Kursus Pola Makan di NC..? adalah yang bersangkutan menjadi AMBASSADOR                       

Hanya dengan merubah kata-kata saja, sekarang NC nya ruame sekaliii.... tergambar kayak apa ramenya dari VP-nya di bulan lalu yang mendekati 10.000vp                       
Kenapa tidak kita coba...??                       

: Ayuk kita Change Mindset setiap orang yang kursus di NC kita goalnya tidak hanya Product Lovers saja, namun lulus menjadi Ambassador                       
Lulus menjadi Ambassador nilainya lebih tinggi daripada hanya lulus sebagai product Lovers                       
Lulus dan menjadi Pecinta produk, itu membuktikan bahwa Produk Herbalife bagus                        
Lulus dan Menjadi Ambassador, itu membuktikan bahwa Produk Herbalife bagus, dan Nilai Layanan anda is Excellent                       
orang hanya mau memberikan referensi.... jika dan Hanya Jika  dia merasa servis layanan anda jauuh melebihi nilai Uang yang dia bayarkan....                       
Jika Servis yang anda berikan nilainya SAMA dengan harga yang dikeluarkan oleh Customer  maka dia akan berkata cukup saya yang program, orang lain jangan, karena ini bagus namun mahal

Jika Servis yang anda berikan DIBAWAH harga yang yang Customer bayarkan, maka customer akan berkata saya membayar mahal untuk sesuatu yang tidak profesional, cukup saya saja jangan ada orang lain yang ikut rugi seperti saya

Jika Servis yang anda berikan nilainya DIATAS harga yang customer bayarkan, maka customer akan berkata "Ohooo.... ini sesuatu yang luar biasa, saya mendapatkan manfaat yang tidak ternilai hebatnya.... semua orang harus tahu ini.... keluarga saya harus tahu ini... tetangga dan teman-teman saya harus tahu ini..."                       

semoga bermanfaat  
                     
:: Selesai ::

PSIKOLOGI KONSUMEN “MENEMBUS BATAS PASAR”



Ini bukan sebuah kuliah sebenernya...hanya sebuah renungan....                       
Mengapa orang-orang yang dekat dengan kita, entah tetangga, kawan dekat, kerabat dekat, family atau  bahkan saudar kandung terkadang justru menjadi orang yang susah diajak masuk Herbalife...susah diajak ke NC...?                        
Bukankah mereka sudah mengenal kita sangat dekat...?                       
Apakah mereka tidak percaya dengan kita...?                       
Apakah memang mitos bahwa orang dekat itu justru percayanya yang paling akhir....                       
Sama seperti Orang pintar di kampung kita lebih terkenal diluar kampung daripada di kampung kita sendiri.... apakah ini sesuatu yang kebetulan, atau hanya sebuah mitos..?                       
tanda tanya besar terus muncul....pasti ada penjelasan yang lebih masuk akal daripada sekedar mitos
Daaan...setelah sekian lama belum ada jawaban, malam ini saya mendapat penjelasan yang Paling Masuk Akal dan yang menurut saya berhasil menjelaskan adalah seorang profesor dari Mexico, seorang ahli Komunikasi Pasar namanya Everet M Rogers                       

Penjelasannya kurang lebih begini....                       
Sebuah produk, katakanlah produk ini adalah sebuah Produk barang Innovasi baru, atau produk jasa/layanan, yang kelak akan masuk pasar dan digunakan oleh masyarakat yang sangat luas...ternyata ketika masuk ke pasar ada prosesnyaa....                        
Ada pintu gerbang-pintu gerbangnya....                       
Misalnya Herballife masuk ke sebuah kota dengan 100 jumlah penduduk                       
dan sebelumnya di kota itu belum ada satupun orang yang denger herbalife                       
Maka ke 100 orang itu, meskipun fisik mereka semua berkumpul, namun tanpa disadari mereka akan berkelompok-kelompok secara alami...                       
Seolah-olah kelompk itu seperti menempati ruangan-ruangan dengan pintu-pintu gerbang....                       
Pintu gerbang pertama, adalah sebuah Kelompok Manusia, yang disebut The Innovators                       
Kelompok Innovators ini berisi orang-orang yang sangat welcome dengan apa saja...pintunya selalu terbuka....                        
Orang-orang ini gemar menerima apapun hal-hal baruuu....                       
Mereka suka sekali dengan apapun yang lain daripada yang lain....                       
mengeluarkan uang untuk sebuah ide baru, atau kreasi baru, atau servis layanan baru...tidak masalah...bayar mahal pun okeee                       
Itulah makanya, anda jualan apapun asal itu sesuatu yang baruu....pasti orang-orang kelompok ini mau mengerumuni dan mau beliii...                       
Anda berbisnis herbalife.... orang itu mau mencoba... anda jual lain dan ditawarkan ke mereka...eh merekapun mau beliii....bahkan suatu saat anda jualan obat pelangsingpun mereka mau beli juga....meskipun sebelumnya mereka pakai herbalife...                       
POkoknya apa yang elu jual...pasti saya mau beliii....                       
Itulah tipikal merekaaa.....                       
Namun sayangnya jumlah orang yang seperti ini tidak banyaak....hanya sekitar 2.5% saja.... "jika ada 1000 orang, maka The Innovator Jumlahnya hanya sekitar 25 orang saja"                       
Dan sayangnya lagiii.... The Innovator ini bukanlah tipe orang yang mudah loyal...nantinya jika ada orang lain yang menjual sesuatu yang berbeda dari anda, maka dia akan beli ke orang lain...pokoke suka dengan sesuatu yang baruu...                       
Jika anda tetap dipasar..dan terus meneruskan perjuangan konsisten melakukan apa yang harus anda lakukan...maka anda akan bertemu kelompok baru lagi yang ke-2...kelompok ini disebutnya Early Adopters                       
Kelompak Early Adopter ini mudah menerima segala hal juga, terbuka menerima segala sesuatu yang penting ada penjelasan yang masuk akal..... ini sedikit berbeda dengan Kelompok The Innovators  yang welcome dan mau beli cukup dengan iming-iming tanpa perlu penjelasan apa-apa...                       
"Gank The Innovators" tanpa penjelasan masuk akalpun mau belii....
"Gank Early Adopters" mau beli asal ada penjelasan masuk akal...                       
Early Adopters ini juga sering disebut "Visionaries" pandangannya kedepan...sepanjang mereka yakin bahwa sesuatu itu bisa menjadi solusi bagi kehidupan di masa mendatang...dan bisa menyelesaikan permasalahan yang saat ini sedang mereka hadapai, maka mereka akan mau menerimanya...                       
jumlah orang yang masuk kelompok Early Adopters seperti ini sekitar 13.5% cukup banyak yaa...dibanding sebelumnya.... "jika ada 1000 orang, maka Early Adopters Jumlahnya hanya sekitar 135 orang"                       
Temen-temen disini kira-kira  masuk ke Kelompok Mana...?                       
Masuk kelompok pertama atau kedua...??                       
Atau rasa-rasanya kok enggak masuk kedua kelompok ituu...??                       
Jika anda belum merasa ada di kelompok itu...mungkin  anda berada di kelompok lain, yang besok akan saya lanjutkan...masih ada 3 kelompok lagiii....                       
dan itu juga bisa menjawab...kenapa kok saudara dekat saya...tetangga saya belum mau merapat ke NC..? padahal sudah saya undang, sudah saya shake party... mungkin karena orang-orang dekat itu tidak berada di kelompok 1-2 diatas                       
Dan itu juga menjawab... pertanyaan "habis GO saya langsung ada yang program...ramee...namun habis itu dia program selesai...tahu2 hilang...gak balik2 lagi tanpa alasan jelas....dan tahu2 NC saya sepi lagiii....sendiri lagiiii...😂"                       
Keheranan mengapa orang2 itu tahu-tahu hilang, sebenernya sama dengan Keheranan mengapa orang itu cuma GO dengan obrolan alakadarnya kok tahu2 mau program bahkan bayar dimuka...🤔                       
Ooo...berarti NC anda baru sebatas dikerumunin si Kelompok Innovator                       
Dan ditambah beberapa orang Early Adopters                       
Jadiii....kalau buka toko atau buka NC dan tahu2 rame...jangan GR dulu yaa...                       
Tidak semudah yang dibayangkan... anda baru dikerumunin sekelompok kecil orang2 tipe 1 dan 2 saja                       

kita sudah membahas, 2 kelompok massa, yakni
1. The Innovators
2. Early Adopters

Setelah anda melewati  Pintu Gerbang Pertama dengan mudah dan bertemu kelompok The Innovator , dan bisa melewati Pintu Gerbang kedua dan bertemu kelompok Early Adopter maka anda akan ketemu pintu gerbang ke-tiga......                       
Nhaaa... disinilah sebenernya surga-nya bisnis....                       
Ibarat berburu inilah sebuah telaga yang tersembunyi dan anda menemukan semua hewan buruan berkumpul disini.... daging-daging segar berkumpul disini....                       
Ibarat mencari ikan, ini adalah sebuah area dimana anda dengan jelas melihat ribuan ikan yang sedang anda cari berseliweran nampak jelas dan menggoda...                       
Bagi pebisnis inilah pasar paliiing besar...dan orang berbisnis berbondong-bondong yang di sasar adalah kelompok orang-orang ini.... mereka disebutnya kelompok EARLY MAJORITY                       
Kok istilahe susah-susah...pakai Bahasa Inggris..marai mumet...hehehe....                       
Temen-temen gak usah bingung, anda hanya perlu paham maksudnya saja, karena istilah-istilahe si Profesor Mexico ini justru mumet jika di bahasa Indonesiakan...                       
Early Mayority ini adalah orang-orang awam, jumlahnya mayoritas alias buanyak...namun mereka adalah kelompok yang jinak-jinak merpatii...                       
Kelihatannya mudah menangkap mereka.... ibarat ikan nampak jelas lenggak-lenggoknya...namun ketika kail di cemplungin, ikan ini seperti tahu bahwa itu jebakan....dia hanya lewat-lewat dan mencium-cium umpan saja....sampai yang memancing rasane gemes                       
Saya teringat Seperti Ribuan Burung Merpati di Mekah, jumlahnya ribuan, nampaknya gak takut dengan orang, dikasih jagung mereka berebut....namun cobalah untuk menangkap 1 saja...susahnya bukan main...seperti nya mereka faham bahasa tubuh kita...niat kita kebaca...ada gerakan tangan sedikit saja, mereka terbang...bahkan dikejar lari pun belum pernah berhasil menangkap 1 ekor....                       
Entar kalau temen-temen pergi ke Mekah coba deeeh....bisa menangkap jagoo                       
Nha seperti itulah Kelompok orang yang namanya Early Majority ini                       
Kelompok ke-3 ini buanyak orangnya,  namun susah sekali ditangkap....                       
Seakan-akan ada Pintu gerbang kuat yang sulit sekali ditembus.....                       
Mereka adalah orang-orang yang Baru Mau Mencoba, jika jelas-jelas sudah melihat sendiri bukti keberhasilan produk anda....                       
Gak Mau ah....paling pahiit....dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong...eh manis lhooo...enggak pahiiiit....                       
Hiii... meski manis, tapi baunya pasti apek dan amis kayak susu.... kaaan...? pastiii saya gak doyan...dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong.... enggak tuuh... enggak amis... ih enak loooh kayak es kriiim....                       
Ah mana mungkin saya bisa kenyang hanya dengan sarapan pagi minum seperti ini doang.... dia gak akan mau minum hingga jelas-jelas ada orang lain yang minum dan ngomong.... haduuh saya kekenyangan... dan kemarin gak kelaparaaan sama sekali sampai siang.... mendengar itu barulah dia mau Mencoba....                       
Ah gak masuk akal....mana mungkin maagh bisa sembuh...dengan minum ini apalagi minum juga yang kecut-kecut gini...... sampai akhirnya ada orang di depan hidungnya cerita bahwa maag nya hilang setelah program barulah dia mau mencobaa...                       
Jadii orang-orang ini tidak akan mempan dengan bujuk rayuan , tidak mempan dengan buku ilmiah, mereka terlebih dahulu akan mencari-cari testimoni-testimoni dan rekomendasi dari orang-orang dekatnya sebelum memutuskan untuk konsumsi....                       
Dan uniknya tanpa anda bersusah payah...jika orang-orang dekatnya sudah bertestimoni maka dia akan datang menyerahkan diri kepada anda....                        
 Orang yang seperti ini jumlahnya 34% jika ada 1000 orang maka akan ada 340 orang....                       
Jika kita berhasil menembus gerbang Early Majority ini berarti kita sudah menguasai pasar secara Mayoritas..... dari Kelompok  :
The Innovator = 25 orang
Early Adopter = 135 orang
Early Majority = 350 orang

totalnya sudah 510 dari 1000 orang....alias kita sudah menguasai mayoritas....                        
Jika posisi kita sudah seperti ini....maka Alam tiba-tiba saja memberikan bonus 34% lagii alias 340 orang nyaris secara cuma-cuma...tanpa perjuangan, tahu-tahu mereka datang berbondong-bndong....                        
Siapa mereka iniii....???                       
Mereka adalah Kelompok ke-4, yakni orang-orang yang disebut LATE MAJORITY                       
Late Majority adalah kelompok orang-orang sebenernya tidak membutuhkan produk yang anda jual, namun berhubung dia melihat semua orang kok pada pakai akhirnya dia ikut-ikutan pakai juga...                       
Saya enggak butuh samsung note...saya seneng Blackberry...namun karena semua orang pindah andriod akhirnya saya ikut-ikutaan....

Saya gak butuh tongsis....namun semua orang yang punya andriod kok beli tongsis...akhirnya saya beli tongsis jugaa....😜                        
Itulah orang-orang yang masuk kategory Late Majority                       
Jadi kita sudah mengenal 4 kelompok orang yaaa...                       
Dan terakhir, yakni yang ke-5 adalah kelompok orang yang namanya Kelompok The Laggards kelompok ini adalah kelompok orang yang tidak akan pernah mau memakai produk kita...                       
Jumlahnya ada 16% jika ada 1000 penduduk maka jumlah mereka sekitar 160 orang.....                       
Jadiii....temen-temen malam ini sudah mendapat ilmu yang luar biasa....tulisan diatas menjelaskan mengapa kadang ada saudara deket kita kok telat banget mau pakai produk kitaa....?                       
Bisa jadi secara natural...dari sononya orang dekat kita itu dilahirkan sebagai tipe Early Majority...yang baru mau jika sudah banyak saudara-saudara yang lain pakai...atau mungkin  mengamati anda 1-2 tahun...jika anda baik-baik saja atau makin baik lagiii....barulah dia mau pakaiii....                       
Bisa jadi dari bawaan lahir dari sononya saudara kita itu jenis orang Late majority yang mau pakai jika orang sekampung sudah pakai semuaaa.....atau bahkan bisa jadi sedulur kita bisa jadi jenisnya The Laggard yang memang tidak akan pernah mau pakeee.....                        
Menghadapi kelompok yang berbeda...ternyata jurusnya berbedaaa.......                       
Apakah dia tipe :
1.The Innovators
2. Early Adopter
3. Early Majority
4. Later Majority
5. The Laggards                       
Bagaiman strategi kita menguasai pasaaar...??                       
Ketika nyemplung ke bisnis dan membuka NC di kampung / kota / kawasan adna,  anda PASTI akan ketemu orang-orang yang mudah sekali....yakni yang jenisnya 1 dan 2...                       
Manfaatkan dengan baik momentum pertemuan anda dengan mereka, jadikan itu sebuah lompatan untuk mendobrak pintu gerbang kelompak yang ke-3.... kumpulkan testimoni-testimoni mereka, foto-foto mereka, catatan sejarah mereka.... akrab dan bina hubungan baik (bonding)  dengan mereka agar anda memiliki power yang sangat kuat mendobrak gerbang Majority...                       

Temen-temen pernah gak meliaht ada toko atau warung....atau bahkan NC dehh...                       
Pada Saat GO (Grand Opening)  ruameeeee nyaaaa...pol-polan....                       
Warung makan itu sehari GO rame....sampai minggu masih rameee....dan minggu -2 agak sepi...minggu ke-3 sepi....dan bulan ke -2 gak ada orang...bulan ke-3 tutup....                        
pasti pernah ketemu yang seperti itu yaa....??                       
tulisan 2 hari bisa menjelaskan fenomena ini.....                       
jadiii...yang berdatangan itu emang tipe Innovator dan tipe Early Adopters..... mereka itu emang selalu kepengin mencoba apaaa sajaaa.....                       
kerumunan itu nampak sebagai sebuah testimoni....dan membuat peneasaran orang-orang dari golongan ke-3 .... daan apa yang terjadiii.... ketika golongan ketiga mendekat merasakan warung anda...eh jebulnya layanan lama, rasanya standard, anda gak kuasa menghabiskan seporsi...dan pas bayar eh mahal.....walah....akhirnya apa...? bisa ditebak....golongan ketiga si Early Majority ini akan ngomong ke semua oraang...walah saya baru kapusaan.....menyesal....dan habis deeh.....                       
akhirnya Promosi besar2an warung itu seperti kebentur tembok... orang2 Early Majority menutup gerbangnya...membuat tembok....dan  anda suliiit sekali membongkar tembok golongan ketiga ini....                       
Fenomena ini menjelaskan kenapa ada daerah, orangnya kaya2 gaya hidupnya bak ibukota, sangat konsumtif... herbalife masuk dan booom...! besar sekaliii... booming..... setahun, 2 tahun, 3 tahun...sepi... lama-lama sepertti ada tembok besar..... herbalife susah dipasarkan disini.... pebisnis2nya seperti putus asa... semua jurus rumangsanya sudah dicoba kok susah......                       
nhaaa...dengan memahahami Psikologi Konsumen diatas anda akan faham apa yang terjadi sekarang...dan langkah apa yang anda akan lakukan.....                       
dan ini juga jadi bekal di masa mendatang......                       
JIka anda tinggal di kota atau kampung yang orang2nya sudah memasang tembok seperti itu...maka tugas anda sebenere Bukan Jualan Produk namun anda harus Menjual Citra...herbalife bagus...orangnya baik...orangnya ramah.. orang herbalife baik hati, orang herbalife jujur, orang herbalife kalau utang pasti bayar tepat waktu, orang herbalife amanah, murah senyum, suka menegur dengan tulus, orang herbalife suka berbagi, tidak modus, orang herbalife akur, gak menggosip...dst..dst..... BUATLAH PENCITRAAN YANG TULUS                       
lama-lama-lamaaa.......mereka akan ngintip-ngintip....mereka akan sedikit membuka pintu gerbang...lama-lama anda boleh masuk....dan ketika mereka perhatikan ternyata segalanya telah berubah positip maka mereka berkerumun....daaan ABRAKADABRA....akan ada booming lagiii....dan mereka akan saling bertestimoni...dan lama-lama hebohnya jaman dulu datang lagiii...bahakan kali ini lebih heboh lagii.......
Semoga tulisan2 ini bermanfaat....                       
:: Selesai ::                       

Quote-Quote dan & Tanyajawab Bersama Mentor Mr. Stephan Gratziani

Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23  Jan 2017

#QuoteSG01  : JIka anda tidak hadir dalam sebuah meeting, maka anda telah melewatkan sebuah aturan permainan yang baru, dan jika aturan permainanpun anda tidak faham maka anda tidak akan bisa ikut bermain dengan baik

#QuoteSG02  : Bekerjasamalah dengan orang lain, Cara yang paling sederhana untuk bekerjasama adalah dengan tidak menentang orang lain yang melakukan sesuatu hal. Lakukan cara anda, namun Jangan pernah menentang cara lain.

#QuoteSG03  : Bangunlah bisnis anda dari Customer, berikan kepedulian yang lebih besar kepada mereka daripada uang yang anda dapatkan... fahami posisi diri anda :
"Saat anda mengajak customer ke NC, mengajak customer program, anda lebih peduli kepada mereka atau anda lebih pedulu kepada uang yang akan anda dapatkan dari mereka..?"

#QuoteSG04  : Mengapa Seorang Customer tidak mereferensikan layanan anda kepada orang lain..? (Mengapa customer tidak mengajak COI ke NC anda..?)
Jawabnya :
Karena dia belum melihat kepedulian anda kepada dirinya. Dia belum cukup nyaman dengan pelayanan yang anda berikan

#QuoteSG05 : Mendaftarkan seseorang menjadi member, dan VP nya nol, bulan berikutnya nol lagi, dan nol lagi, maka anda telah melakukan pekerjaan yang berulang namun sia-sia, anda terus menerus mendaftarkan bisnsi orang yang tidak mau bisnis, dan anda terus menebak-nebak karena bisa jadi yang anda daftarkan itu akan serius di bsinis.
Pertumbuhan bisnis Herbalife adalah tentang sebuah strategi, bukan untung-untungan, menunggu kebetulan ataupun tebak-tebakan

#QuoteSG06 : Sering-seringlah mengingatkan diri kita bahwa CUSTOMER BUKAN MEMBER perlakukanlah customer sebagai customer dan jangan perlakukan customer sebagai member. (tiba-tiba di daftarkan, tiba-tiba disuruh beli banyak, diajak HOM diajak STS dll...sementara dia hanya customer saja) inget yaaa..... "Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member , Customer bukan Member...."

#QuoteSG07 : Anda harus memiliki model bisnis yang sangat jelas, yang bisa diajarkan kepada orang lain

#QuoteSG08 : Bisnis herbalife bukan bisnis keberuntungan, untuk menjadi Chairman anda harus memiliki strategi yang sistematis, dan ciri-ciri bahwa anda telah memiliki stragegi yang sistematis, anda bisa mengukur/memperkirakan kapan anda akan naik level... (bukan untung2an, bukan nasib2an)

#QuoteSG09 : Saya sudah berubah dari 13 tahun yang lalu, dari bisnis yang tanpa strategi menjadi bisnis yang sistematis

#QuoteSG10 : Pada dasarnya orang tidak suka akan perubahan, Hanya 15% saja orang yang sangat mudah /langsung mau berubah jika dilihat sebuah perubahan itu masuk akal. Sebagian orang lagi akan berubah jika orang lain berubah terlebih dahulu, dan Sebagian lagi akan berubah jika orang lain berubah dan yang berubah itu sudah terbukti sukses, dan ada juga sebagian kecil orang yang tetap dan tidak akan mau berubah

#QuoteSG11 : Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun

#QuoteSG12 : *New Customer* adalah seseorang yang menarik perhatian dan kita tertarik pada pandangan pertama. Kita berkenalan satu dua bulan lama-lama akrab, saling mempelajari, saling mengunjungi, makan bersama, mengenali keluargsnya dan banyak hal lainnya, hingga beberapa waktu kemudian, mungkin 1 sd 2 tahun, mungkin lebih, akhirnya kita melamar dan menikah denganya.

*Distributor (member herbalife)* adalah ibarat pasangan hidup kita. Adalah kurang bijak jika kita langsung melamar dan menikah dengan orang yang baru saja kita kenal

Sessi tanya Jawab

#TANYA1 : Ambassador Program (AP) dengan mudah kita aplikasikan di lingkungan sekitar kita, kadangkala kita punya customer di luar area yang belum menerapkan konsep AP dan disinilah terjadi masalah. Customer kita terus menerus retail dan sudah mendapatkan COI akhirnya bergabung dengan orang lain, karena orang lain menawarkan member tanpa melalui skenario AP. bagaimana mengatasinya...?

Jawaban Stephan Gratziani :

Ambassador adalah tentang KITA, Ambassador bukanlah tentang lingkungan cusomer. Anda harus membina kedekatan dengan customer, memberikan edukasi yang baik, memberikan hati anda yang baik, membina kedekatan hingga si Customer tidak ada opsi lain, tidak ada pilihan lain, dan pilihan terbaik adalah mengikuti langkah anda...  (Ambassador Program adalah tentang Bonding kita terhadap Customer)

#TANYA2 : Saat skenario kita berubah, menjadi bisnis yang fokus kepada customer, kita mengadakan Customer Day, kita melihat bahwa acara semacam STS dan HOM yang cara lama, mengajak customer NC dan orang baru melihat peluang bisnis menjadi tidak relevan lagi, bahkan banyak customer NC yang justru berhenti menjadi customer NC tidak melanjutkan program lagi setelah ikut STS, mungkin karena tidak nyaman...sehingga kami punya inisiatip menghentikan STS, namun kami sedikit khawatir karena di kota-kota besar STS masih tetap ada, kami masih bimbang apakah langkah kami menghentikan STS merupakan tindakan yang tepat atau keliru..?

Jawaban Stephan Gratziani :

Saat bisnis kita fokus kepada customer maka pemilik NC merasa memiliki tanggung jawab yang lebih kepada customer nya akan pentingnya edukasi, dan tanpa disadari kita sedang membangun sebuah model bisnis yang strateginya berbeda dari yang lama (Cara lama kita percayakan kepada STS agar orang itu menjadi Pintar) customer akan semakin pintar dan mereka justru tidak akan tertarik dengan STS karena di NC mereka sudah mendapatkan edukasi yang lebih, dan selain itu mayoritas konsumen kita sesungguhnya adalah Customer (pemakai produk) saja yang tidak tertarik peluang bisnisnya, itulah makanya konsep Single System (HOM dan STS bersama satu kota) makin lama makin tidak relevan lagi,

Fokus ke Customer adalah sebuah strategi MultiSystem dan setiap Individu ingin membuat/mengarahkan/Meng-Create team sesuai dengan idealisme model yang ada di benaknya.

Jadi langkah anda menghilangkan STS di kota anda adlah langkah yang tepat, apalagi anda sudah menerapkan Customer Day, dan jika boleh saya sarankan, buatlah event atau meeting khusus untuk mereka yang menjalankan bisnisnya agar kita bisa tetap melakukan rekognisi-rekognisi... (Alhamdulillah kita sudah ada Bisnis meeting, dan SuperStar Award)

#TANYA3 : Saat ini di Indonesia kita lihat para Leader punya cara-cara sendiri, dengan idealisme nya masing-masing, sehingga acara HOM dan STS kita tidak sebaik dan seramai dahulu, apakah ada pengalaman atau strategi agar kita bisa kembali lagi seperti cara dahulu...?

 Jawaban Stephan Gratziani :

Ada 2 berita , yakni Berita Baik dan Berita Buruk

*BERITA BURUK * :
Cara lama itu tidak akan pernah kembali lagi, karena inilah konsekuensi yang kita harus telan jika kita menerapakan strategi Fokus kepada customer, masing-masing Club punya idealisme sendiri-sendiri, ada yang suka dengan Club dan Fitclubnya, ada yang suka Club dan Zumbanya, ada Club yang suka dengan jalan-jalan, kegiatan sosial dan lain-lain... masing - masing individu merasa bertanggung jawab dengan customernya sehingga tanpa disadari kita telah menuju ke bentuk bisnis yang Multisystem. HOM dan STS yang tersentral adalah Single Sistem yang pelan-pelan pasti akan ditinggalkan....

BERITA BAIK :
Jika kita sudah mulai mengalami fase-fase ini, artinya kita sedang berubah kearah yang lebih baik, dan setelah ini terlewati kita akan sadar bahwa justru inilah jalan kita menuju pertumbuhan yang lebih baik....

Siapa Mentor Bisnis Anda..?

INSPIRASI DARI STEPHEN GRATZIANI

(Dibawah ini adalah salinan cari coretan tangan saya ketika traiining bersama Mr.Stephan Gratiziani dari Perancis, di Sentul Bogor, 20-23  Jan 2017)



Di bisnis Garmen saya memiliki seorang guru yang setiap kata-katanya,  selalu kita jadikan rujukan, sebut saja namanya Pak Haji di Tanah Abang. Saya tidak bisa mengukur kesuksesan guru saya ini jika ukurannya adalah dari materi, karena meski nampaknya hanya penjual grosiran baju, namun beliau dengan mudahnya bisa beli mall...( bukan beli lapak yaa...namun beli Mall hahaha) dan dengan mudahnya beliau bisa beli ratusan kios di tanah Abang, yang saya tahu sewanya saja bisa ada yang 50jutaan sebulan di tahun 2010an.
                   
Di Bisnis Rumah Nutrisi inipun saya memiliki  guru-guru , dan siapapun yang saya anggap guru maka sepak terjangnya kita perhatikan detail..

 Ada seseorang yang sangat saya perhatikan, orang ini menurut saya istimewa, karena di setiap sesi training yang saya ikuti, selalu ada "Aha..." yang saya dapatkan. Masa lalu pernah kerja di perusahaan, juga puluhan tahun berdagang berbisnis, membentuk sebuah pola berpikir tersendiri                       

Dan pola pikir itu banyak simpul-simpul yang tidak nyambung dengan bisnis rumah nutrisi. Seperti kita menata puzzle...kadang ada puzzle yang membingungkan dan bahkan kita sangka potongan puzzle itu hilang atau bahkan tidak adaaa. Dan sessi training-training dari guru-guru macam Stephan Gratziani inilah puzzle-puzzle yang kami sangka hilang itu ternyata adaa... bahkan tergeletak deket, cuman karena kebalik posisinya dikira itu bukan puzzle yang pas
                 
Dia seorang chairman, asalnya dari Amerika, namun lama tinggal di Perancis                       
Dibawahnya sudah ada 8 orang president team, beliau termasuk 10 besar orang paling sukses di bisnis yang kita jalankan saat ini, dengan income perbulan (tebakan saya) lebih diatas 20 milyar sebulan                       
Lihat saja bonus tahunannya, tahun lalu 2016 di Cancun Mexico  1.5 juta Dolar (kalau di rupiahkan sekitar 20 Milyaran yaa..) dan itu hanyalah tambahan uang saku hehehe....yang nilainya lebih kecil dari uang bulanan yang dia dapat... banyak yaa.... setiap bulan bisa beli sawah 20 hektar...hahahaah                       

Namun yang menarik dari SG adalah, dari tutur katanya, dari training ke trainingnya, tidak pernah satu kalipun beliau menampakkan Ke-Glamour-an nya... dan justru lebih menonjol kesederhana annya....                       

Bisnis Herbalife lewat Rumah Nutrisi (Nutrition Club) , bisnis yang kita jalani ini bukanlah tentang uang, ini adalah tentang pergeseran peradaban, dari peradaban yang lama menuju peradaban baru yang lebih baik lagi, dan lebih baik lagi...dan kita adalah "The Messenger" atau penyampai pesan....                       

Pesan apa yang kita sampaikan..? Pesan agar generasi mendatang memperbaiki pola makannya, memperbaiki pola aktivitasnya, memperbaiki mindsetnya, berbagi kebaikan, satu orang dan orang lain terhubung sebagai sebuah komunitas yang menjadikan kehidupan kita lebih baik...                       

Yang kita jual kepada orang lain adalah "hati kita" dan produk kita hanyalah media saja.... orang membayar sejumlah uang untuk produk kita, namun kita  memberikan "NILAI" yang berlipat-lipat yang bahkan tidak ternilai...jaub lebih tinggi dari uang yang orang lain bayarkan...

Orang akan melihat Herbalife sebagaimana dia melihat "diri kita", apakah Herbalife perusahaan Nutrisi yang hebat dan kita adalah distributor-distributornya yang habat, ataukah Herbalife perusahaan MLM dan kita adalah pemain-pemain MLM yang hebat...                       

Seperti apa Metode bisnis kita, seperti apa cara kita memberikan pelatihan/training, seperti apa cara kita memberikan rekognisi, bagaimana kita bersikap, bagaimana kita berbicara, bagaimana kita tersenyum, bagaimana kebaikan kita kepada orang lain, bagaimana ketulusan kita saat memeluk para customer, bagaimana cara kita memandang dunia ini dll... adalah jendela orang lain melihat bisnis Bisnis Rumah Nutrisi (Nutrition Club) ini, karena kita adalah "Brand Ambassadornya" kita lah yang membawa nama herbalife kemanapun kita pergi                       

Satu orang dengan suara negatif, memberikan dampak yang lebih besar daripada 20 orang customer yang positif. Karena orang yang positif itu cenderung akan lebih banyak diam, dan orang yang negatif akan cenderung berteriak keras. Berbuatlah baik kepada semua orang, jangan lewatkan satupun.

Jika anda disebut duta besar atau Ambassador nya herbalife sebagaimana Cristiano Ronaldo CR7, apakah pesan yang akan anda sampaikan kepada semua orang, apakah anda akan makan sembarangan dengan pola yang tidak baik dan merokok di depan semua orang..?                       

SEJARAH MASA LALU

Saya lahir di Amerika, ayah saya seorang militer angkatan laut yang seorang ahli kapal selam yang hidupnya selalu berpindah-pindah, Ibu meninggal ketika saya 3 tahun, saya tidak mengenali ibu saya, dan yang menarik ayah saya menikah 7x yang saya ingat, sehingga saya terus hidup berpindah-pindah, dari ibu baru ke ibu baru yang lain, dari ibu tiri ke ibu tiri yang lain, kadangkala mendapat ibu tiri yang  baik, kadang mendapat ibu tiri yang tidak sebaik yang sebelumnya... mendapat yang baik lagi namun pisah lagi...... (Meskipun diceritakan dengan santai namun saya tersentuh membayangkan... seperti apa perasaaanya, dan tiba-tiba saya teringat Mae saya di Karangkobar, dan saya bersyukur...sampai usia sekarang masih punya emak...)

Hingga suatu hari saya dititipkan ke Nenek dari Ayah saya, dan saya mulai stabil karena bisa tinggal dirumah yang tetap dan cukup lama hingga 13 tahun, meskipun dirumah nenek ini saya merasa kesepian , namun ada hiburan yang menyenangkan yakni Naik Sepeda. diatas sepeda saya merasakan dunia yang lain, rasanya senang, dan adrenalin saya terpacu....dan naik sepeda menjadi hoby saya. Dan saya suka sekali menonton kejuaraan sepeda... impian saya adalah bisa menjadi atlet sepeda, dan bisa juara dunia sepeda...                       

Saya gagal di sekolah di SMA, nilainya tidak baik, karena saya lebih suka naik sepeda... hingga suatu hari ada teman saya mengajak ke Perancis, tanpa pikir panjang saya ikut, karena disana saya berharap karir bisa jadi atlet sepeda profesional lebih terbuka. di Perancis saya tinggal di rumah Nenek kawan saya.                       

Dan mulailah karir profesional saya di sepeda, merangkak dari bawah hingga akhirnya jadi atlet nasional, mungkin jika anda melihat kejuaraaan sepeda "Tour de Frank" sebuah event sepeda kelas dunia, anda melihat saya beberapa kali ada di Televisi...                       

Bertahun-tahun menjadi atlet, meskipun itu dunia saya, Namun lama-lama saya berpikir, nasib saya dari tahun ke tahun tidak ada perubahan, dari ke waktu ke waktu tetep saja tinggal di penginapan-penginapan atau kost ditempat yang murah, saya seperti menemukan jalan buntu, saya tidak yakin bisa terus hidup layak dengan cara seperti ini....                       

Ini adalah sebuah pemikiran dan perenungan yang sangat hebat...anda menyukai karir anda, namun disisi lain anda tidak mendapatkan apapun....ini ironis sekali... keuangan selalu bermasalah...dan akal sehat saya mengatakan saya harus pindah haluan dan melamar pekerjaan seperi orang-orang lain...                       

Namun saya menyadari... orang yang tidak kuliah, nilai SMA pas-pasan, kurang bisa bergaul... tentu saja tidak memiliki banyak pilihan kerja, apalagi saya tinggal di Perancis dengan Via kunjungan, bukan bisa Kerja, pasti susah mendapat pekerjaan, mau pulang ke Amerika dan bekerja di kampung, rasanya malu jika ketemu teman-teman...                       

Tahun 1990 Disneland membuka cabang di Perancis, saya melamar pekerjaan dengan harapan yang tidak terlalu tinggi, menjadi Badut Mickey Mouse , atau menjadi Cleaning Service pun tidak masalah, meskipun itu perusahaan Amerika, meskipun posisi yang saya inginkan yang paling sederhanapun saya ditolak dengan halus....                       

Hingga akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang mengundang saya untuk sebuah pertemuan Herbalife (HOM) di sebuah hotel pada hari minggu. Saya pikir ini sebuah undangan lowongan pekerjaan, namun sebuah acara yang tidak menarik...namun apa daya, saya tidak ada pilihan lain...                       

KISAH TENTANG UPLINE


Yang mengundang saya (Sponsor) ke HOM adalah seorang wanita, yang sayangnya hanya beberapa kali bertemu dengan saya beliau menghilang....jadi saya ada di bisnis ini tanpa bimbingan Sponsor....                       

Hingga suatu saaat saya bertemu dengan sponsor diatasnya lagi, namun dengan orang itu saya yang kurang bisa bergaul tidak merasa nyaman, jadi saya gak kenal dekat...                       

Di kesempatan yang lain, saya ketemu sponsor diatasnya lagi, beliau orangnya sangat baik, penuh inspirasi, jadi idola namun hanya sesaat bertemu, karena enggak lama dari pertemuan itu beliau meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil...                       

Dan saya dipertemukan dengan upline diatasnya lagi, seorang president team... orangnya menarik namun gaya hidupnya eksentrik, sangat boros dengan keuangan, bahkan akhirnya bermasalah dengan keuangan, beliau banyak membeli sesuatu dengan hutang, dan tidak dibayar, akhirnya toko-toko menagih ke Herbalife karena dipikir beliau karyawan herbalife...dan terus berulang kali terjadi seperti itu...hingga akhirnya Herbalife menutup ID nya, dibatalkan keanggotaannya....                       

Jadiii...bisnis ini sebenernya bukan tentang Upline, atau kerjasama upline donline, bisnis ini adalah tentang diri kita , bersyukurlah anda sudah di dalam bisnis ini "jika upline anda mau bekerjasama dengan anda anggaplah itu bonus" namun jika tidak bersyukurlah anda sudah didalamya, dan ini adalah tentang diri anda  sendiri dan masa depan anda.. (wkwkwkw.... menulis baris ini saya membayangkan banyak orang-orang lucu, Donline-Donline yang galau karena merasa tidak dibantu upline-upline, dan Upline-Upline yang galau karena tidak dihormati donline-donline...wkwkwkw.... sampeyan bisnis opo main drama siiih....hahaha)

Masuk pertama ke Herbalife itulah titik terendah dalam hidup saya... saya ikuti terus acara-acara herbalife, apa yang pembicara suruh lalukan saya lakukan.... kadang saya ikut acara-acara diluar kota, karena anggaran minim saya tidur menumpang dirumah teman, pernah tidur di bangku taman kota...dan tengah malah dibangunkan polisis dikira gelandangan...                       

Saya sampaikan kepada anda, dari 26 tahun berada di Herbalife, kesimpulan saya yang harus anda catat adalah, tidak ada sukses yang serta merta, tidak ada sukses yang Instan..!                       

Pada saatnya nanti Herbalife (Rumah Nutrisi / Nutrition Club) akna diterima oleh semua orang. Dan Orang yang tidak percaya dengan perjalanan waktu, bahwa Situasi dan Kondisi suatu saat nanti akan berubah, maka orang itu adalah orang yang melakukan PENOLAKAN.                       

Anda harus terus belajar dari siapapun, TERUTAMA seperti di forum-forum besar seperti ini, karena strategi bisnis dari tahun ke tahun terus berubah, segala sesuatu terus berbenah ke arah yang lebih baik lagi, dan jika anda tidak faham karena tidak mendatangi meeting seperti ini, maka anda akan menjadi orang yang tertinggal, yaaa...dunia terus menerus akan berubah dan anda akan menjadi orang yang tertinggal...

Semoga Tulisan ini Bermanfaat...